Pameran Karya Gulung Tukar, ‘Layar Berkembang, Kemudi Diputar’ Resmi Dibuka

Setelah menyelesaikan pertunjukan virtual Buka Kunci, Tangkap Layar pada 1 Desember 2020. Kolektif lintas seni asal Tulungagung, Gulung Tukar kembali dengan agenda barunya dengan tajuk Layar Berkembang, Kemudi Diputar yang sedang dan akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 11 April 2021 di 6 tempat berbeda; gutudatang, Nayanika Manajemen & Ruang Alternatif, Angkringan Emperan Ndeso, WESTCOAST COFFEE, Candi Mirigambar dan Gutuhaus.

Melalui siaran pers-nya, Gulung Tukar ingin menekankan bahwa kesenian tidak seharusnya menjadi sesuatu hal yang sakral dan mapan yang berjarak dari masyarakat. Mereka berharap agenda ini dapat menjaring sebanyak mungkin partisipan dan memantik kolaborasi lintas disiplin ilmu dalam pembuatan karya dan programnya, yang diharapkan menjadi respons isu dan lingkungan di sekitarnya.

Lebih lanjut, tema “Sadar” atau Conscious yang mereka ambil berpusat tentang segala penerjemahan katanya; baik itu kesadaran, menyadarkan, maupun ketidaksadaran. Mereka berharap karya seni, film, proyek seni, dan program harian yang diselenggarakan dapat merespons Tulungagung sebagai sebuah ruang spasial dan sosial.

Dalam praktiknya di tengah kondisi pandemi tanpa ujung ini, pameran seni multi disiplin ini diselenggarakan dengan pembatasan ketat; baik dari panitia, pengisi acara, maupun pengunjung yang hadir. Pengunjung harus melakukan reservasi dahulu agar dapat menonton pameran seni ini.

Beberapa karya yang turut dipamerkan tidak hanya berasal dari Tulungagung, namun juga dari berbagai kota lain, di antaranya; Blitar, Kediri, Sidoarjo, Yogyakarta, Bandung, Depok dan Jakarta. Karya-karya tersebut melalui proses panggilan terbuka dan kurasi dari Benny Widyo dan Gatari Surya Kusuma. “Karya-karya yang terpilih tidak hanya dilihat dari bentuk dan estetika-nya, tapi juga kesesuaian dengan tema kesadaran yang kami usung,” ujar Benny Widyo.

Pameran yang berlangsung selama sebelas hari ini akan menampilkan berbagai karya dari total 25 seniman, serta dapat mengikuti pemutaran-pemutaran film yang sudah dijadwalkan, pula dapat mendaftar di program-program harian yang tersedia.

Dengan agenda ini, Gulung Tukar mengabarkan bahwa geliat seni budaya di daerah kecil seperti Tulungagung masih ada, meski dengan nafas tersengal di tengah kondisi pandemi yang membatasi bagi siapapun dalam ruang geraknya masing-masing ini.


Kontak & Media Sosial

Handphone: 081226505616 (Diah)
Instagram: @gulung.tukar
Email: surel@gulungtukar.org
Website: gulungtukar.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.