Telah Terbit Buku ‘This Album Could Be Your Life’ dari Elevation Books

Setelah hampir dua tahun, melewati proses penjurian, penulisan, riset arsip, riset rilisan fisik, pemotretan dan penyuntingan, akhirnya Elevation Books secara resmi mengedarkan buku This Album Could Be Your Life: 50 Album Musik Indonesia Terbaik 1955-2015. Buku ini bisa dikatakan yang pertama melakukan penilaian secara komprehensif terhadap album-album musik yang pernah dirilis selama 70 tahun sejarah industri musik populer di Indonesia, dari era label pribumi pertama Irama sampai Aksara.

Lima puluh album yang masuk merupakan hasil dari focus group discussion dari tim dewan juri yang terdiri dari Budi Warsito, pustakawan musik Kineruku Bandung, Harlan Boer, seniman musik indie dan penulis musik, Idhar Resmadi, dosen dan penulis musik dari Bandung, Taufiq Rahman, penulis musik dan pendiri indie label Elevation Records, Wahyu Nugroho, vokalis dan gitaris Bangkutaman, serta penulis musik dan penggiat skena metal dari Malang, Samack.

Dari album-album yang dipilih, akhirnya mengemuka 50 dari nama-nama yang sudah sangat akrab seperti Koes Plus, Dewa 19, Sore, Chrisye maupun Fariz R.M. Ada juga nama-nama raksasa lain seperti God Bless dan AKA. Namun, Elevation Books juga berusaha sangat keras untuk menimbang perlunya kehadiran seniman-seniman indie dan musisi-musisi yang kini hampir terlupakan seperti Gombloh, Igor Tamerlan dan Semakbelukar dalam daftar buku ini.

Dalam siaran pers-nya, Elevation Books mengungkapkan memang ada semacam affirmative action untuk memberikan tempat yang lebih proporsional terhadap band-band dan musisi-musisi independen dan underdog, yang tidak hanya meramu album-album bermutu namun juga menanamkan pengaruh yang begitu dalam. Pun, Elevation Books juga berusaha sangat keras untuk memberi ruang untuk affirmative action yang sama untuk seniman-seniman dan musisi perempuan agar jika lebih terwakili di daftar buku ini. Meski begitu, pertimbangan utama adalah kualitas artistik dan pengaruh besar dari album-album tersebut bagi kemajuan belantika musik Indonesia.

Elevation Books menyatakan bahwa tidak mau buku ini hanya sekedar sebuah proyek pengarsipan, dan tim penulis yang juga merupakan anggota dewan juri juga mendapat tugas untuk menulis ulasan kritis-historis yang bisa memberikan konteks yang tepat bagi album-album penting tersebut. Elevation Books menambahkan bahwa, juga tidak meninggalkan kewajiban yang harus dilakukan dalam sebuah proyek pengarsipan dan arkeologi musik pada layaknya. Semua artefak asli dari album-album tersebut, format pertama kali ketika album-album itu dirilis, dikumpulkan secara sangat hati-hati dan mendapat perlakuan yang sangat teliti oleh fotografer Jez O’Hare dan desainer grafis Andra Galih. Elevation Books yakin dengan ketekunan dua rekan di tim visual tersebut, buku ini menjadi semakin layak untuk menjadi pegangan bagi penelitian awal musik populer Indonesia.

Elevation Books juga mengundang sutradara pemenang piala Citra, Riri Riza (yang juga adalah seorang musisi di usia muda) untuk menulis prakata untuk set the scene bagi perjalanan musik populer Indonesia yang terangkum di buku ini.

Buku ini adalah pegangan wajib bagi mereka yang mengaku sebagai pecinta musik Indonesia dengan segala macam cerita dan romantikanya.

328 halaman, 112 full colour, 216 black/white
50 essai komprehensif
100 foto resolusi tinggi
2 kata pengantar

Untuk informasi lebih lanjut bisa email info@elevationgroup.co

3 pemikiran pada “Telah Terbit Buku ‘This Album Could Be Your Life’ dari Elevation Books

  1. Makasih udah ngerivew buku, seengaknya ada yang bisa gue ambil dari buku ni, untuk beli kayanya susah deh, gue abis duitnya ma rokok, quota, jadi butuh usaha ekstra kaya nabung gitu, atau mungkin ada uang darimana kemungkinan beli sih, tapi ya itu tadi butuh upaya besar gue bertarung ama management duit gue yang segitu2 aje, mau beli ya gimana gitu.
    Elevation itu asik, yang books ya, dia lebih ke musik sekaligus ada perusahaan rekaman juga, kalo ada yang bilang pemiliknya ngegunain kuasa buat rilis rekaman ulang, remaster dari salah satu album di buku ini gue gak masalah sih, ikut2 bantu promo ya. Gak ada masalah, biar musik indonesia terus buat didenger, dibaca, dipelajari.
    Makasih buat nulis reviewnya. Salam

    Suka

    1. Terima kasih atas responsnya, namun ini bukan review loh, cuma press release doang hehe.

      Berbagi pengalaman soal rokok, dulu aku sempet berhenti merokok gara-gara pingin beli vinil. Dari situ aku belajar bahwa untuk mengubah kebiasaan memang harus dilandasi dengan motivasi dan perjuangan. Mungkin kamu juga bisa dengan cara seperti itu, harus ada yang dikorbanin emang. Pingin gak baca buku atau pingin gak ngerokok? Pilih salah satu 😉

      Suka

      1. Oh yang gini nama press release haha baru tau aing haha. Sori.
        Hahahaha. Asli ngakak. Itu bener banget. Rokok atau buku. Haha. Bingung. Kalo milih sih, mending ngerokok sambil baca buku. Tapi makasih loh dah berbagi pengalaman buat motivasi, perjuangan, harus diapresiasi, kan gak gampang juga itu

        Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.