10 Single Metal Rekomendasi Lacrymose Media (Juni 2020)

Bulan Juni sudah berakhir, namun sayang untuk dilewatkan begitu saja tanpa mengabarkan perihal lagu lepas siapa saja yang telah menemani selama 4 Minggu terakhir pada bulan tersebut. Ada single dari band nu-core Tallah, gelapnya konsep deathcore Humanity’s Last Breath, sampai dengan konsep baru dari Katalepsy.


Tallah – The Silo

Earache Records | 5 Juni 2020

Muncul dari pesisir timur negara bagian Amerika Serikat, Pennsylvania pada tahun 2018. Band ini diisi oleh anak laki-laki Mike Portnoy yaitu Max (Drums), kemudian ada Justin Bonitz (Vocals) yang populer dengan nama akun YouTube-nya Hungry Lights, Derrick Schneider (Guitars), dan Andrew Cooper (Bass).

Kuartet ini mengusung konsep musik nu-metal yang dipopulerkan oleh Slipknot, Korn, maupun Linkin Park di awal tahun 2000-an, kemudian memadukannya dengan marwah modern hardcore Code Orange, Vein, Candy, maupun Fire from the Gods.

“The Silo”, sebuah lagu yang notabene dalam proses perekaman vokalnya dilakukan secara one-take ini mengingatkan saya pada karakter suara Matthew Bellamy dengan Muse-nya ketika mengkonstruksi album Absolution pada 2003 silam.

Humanity’s Last Breath – Earthless

Self-Released | 12 Juni 2020

Unit deathcore asal Helsingborg, Swedia ini mengeluarkan single terbarunya “Earthless” pada 12 Juni lalu. Pula, terhitung belum genap 1 tahun pasca album ke-2 mereka Abyssal (2019) dirilis.

Adalah Buster Odeholm otak dibalik single ini, sebagaimana yang kita tahu berkat tangan dinginnya—mixing dan mastering—sudah berapa banyak band beraliran sejenis disulap memiliki karakter sounds yang ultra-gelap dan pepat di telinga tanpa bocor sedikit pun. Simak saja EP Awakening (2018) milik Revenge the Fate sebagai gambaran sederhananya—apabila kalian masih asing dengan sosoknya.

Viscral – Impulses to Kill

Blackandje Records | 12 Juni 2020

Pasca keluarnya album pertama Egocentric Underneath of Horror (2015), Viscral cukup mampu membuat metalhead Indonesia maupun mancanegara kepincut karenanya. 5 tahun berlalu, dapur rekaman dikebut lagi dan melahirkan menu baru bernama “Impulses to Kill” yang rilis tepat pada 12 Juni lalu.

Kuintet asal Bekasi ini tetap konsisten memainkan old-skull death metal dengan marwah Suffocation maupun Disgorge (USA). Masuknya dua personil baru Jannova Jamalus (Bass) dan Faisal Noviandy (Guitars) cukup memberikan nafas segar bagi tubuh band sendiri, terbukti single ini terhidang jauh lebih groovy.

Cytotoxin – Lupus Aurora

Unique Leader Records | 16 Juni 2020

Seperti yang kita ketahui bersama, sejak kemunculan album debut Plutonium Heaven (2011), sampai hari ini Cytotoxin masih konsisten mengusung lirik bertemakan bencana-bencana nuklir—terlebih yang pernah terjadi di Chernobyl—dan tetap teguh memainkan musik technical brutal death metal ala Origin maupun Brain Drill.

“Lupus Aurora”. Berlatarkan kisah serigala Rusia (canis lupus communis) yang kembali ke Chernobyl setelah para manusia meninggalkan kota mati tersebut. Dalam pepatah Rusia berbunyi: “Hutan tumbuh di mana serigala berburu”. Cytotoxin percaya bahwa serigala melakukan bagiannya untuk mengatur keseimbangan ekologis lokal dan kita harus melakukannya juga. Agak filosofis? Memang.

Ahtme – Putrid Perforation

Unique Leader Records | 23 Juni 2020

Terbentuk sejak tahun 2006 dengan nama The Roman Holiday, memainkan musik deathcore sebagai marwah utamanya dan merilis debut EP The Apocalyptic Genocide of the Human Race pada tahun 2007.

Pada tahun 2015, mereka memutuskan untuk mengubah nama band menjadi Ahtme dan merilis Sewerborn (2018) yang sangat technical death metal. Warna musik baru yang diusung Ahtme sekaligus memunculkan ingatan bagaimana Gorod maupun Spawn of Possession merekonstruksi jenis musik ini.

Existence Has Failed – Birthrite

Self-Released | 23 Juni 2020

Unit deathcore asal West Palm Beach, Florida kembali lagi dengan single terbarunya “Birthrite”. Secara musikal, sounds yang mereka hasilkan kali ini sedikit gelap dan di telinga terdengar jauh lebih pepat. Tentu perbandingannya adalah single mereka sebelumnya “Grave Spitter”, yang rilis pada Oktober 2019.

Heisenberg – Hydrofluoric Acid Bath

Self-Released | 25 Juni 2020

Materi baru dari kuartet slamming death metal asal Long Island, New York sudah bisa dinikmati. Meski sudah 9 tahun menapak di scene ini, mereka tak pernah serius untuk mengerjakan format album penuh. Single ini juga akan masuk daftar putar dalam EP ke-3 mereka, yang rilis pada bulan Agustus mendatang.

Ingested – No Half Measures

Unique Leader Records | 26 Juni 2020

Single ke-3 dari kuartet modern death metal asal Manchester, Ingested. “No Half Measures” akan menjadi daftar lagu di album ke-5 mereka, yang akan rilis pada bulan Agustus mendatang. 14 tahun eksistensi mereka di scene metal dunia, sampai saat ini Ingested masih diisi oleh para personil lawasnya, meski minus Brad Fuller (Bass) yang resign pada 2019.

Amaranthe – Viral

Nuclear Blast Records | 26 Juni 2020

Bertulang-punggungkan lirik COVID-19 yang membredel industri apa saja, setidaknya dalam kurun waktu 3 bulan ke belakang. Sekstet modern rock metal asal Swedia satu ini, selalu berhasil membuat komposisi lagu yang easy listening but heavy to hearing sejak album Self-Titled (2011).

Masih konsisten menggunakan format 3 vokalis berbeda, meski mengalami pergantian personil di departemen vokal. Di album ke-6 mereka yang akan rilis pada bulan Oktober mendatang, banyak musisi tamu yang akan mengisi album ini seperti Noora Louhimo (Battle Beast), Perttu Kivilaakso (Apocalyptica), Elias Holmlid (Dragonland), dan Heidi Shepherd (Butcher Babies).

Katalepsy – No Rest No Peace

Unique Leader Records | 30 Juni 2020

Bagi para penggemar Katalepsy era album Autopsychosis (2011) dan Gravenous Hour (2016), tentu dikagetkan dengan konsep baru yang diusung oleh kuintet death metal asal Rusia satu ini pasca single “The Beast of Nod” dirilis ke permukaan pada 2019 lalu. Dimana konsep slamming brutal death metal yang menjadi marwah utama mereka, digantikan dengan konsep death metal yang jauh lebih groovy old-skull. Pun, sama halnya dengan single “No Rest No Peace” satu ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.