Tingkat penyelesaian bunuh diri telah melonjak ke level tertinggi selama 30 tahun terakhir. Bunuh diri tidak memiliki prasangka, dan setiap tahun lebih dari 800.000 meninggal dalam keheningan ini. Di Amerika Serikat, lebih dari 44.000 orang meninggal karena bunuh diri setiap tahun, rata-rata 121 penyelesaian bunuh diri setiap hari.

Hope For The Day

Apakah kalian tumbuh dengan lagu-lagu metalcore era 2000’an awal? Apabila iya, hampir bisa dipastikan kita seumur-an. Dari mulai materi mentah As I Lay Dying, sampai konstruksi musik All That Remains dan Trivium yang sedikit heavy. Tak lupa pula materi awal-awal kemunculan unit metalcore asal Massachusetts, Killswitch Engange.

Membicarakan KSE, pada 16 Juli 2019 kemarin mereka mengeluarkan single keduanya “I Am Broken Too”, setelah sebelumnya pada 25 Juni lalu merilis “Unleashed”. Materi lagu yang akan masuk dalam set-list album Atonement ini sekaligus menjadi awal kerjasama mereka dengan Metal Blade Records, yang akan keluar pada 16 Agustus mendatang.

Sebagian hasil penjualan dari lagu “I Am Broken Too” ini kelak akan disumbangkan ke sebuah organisasi non-pemerintah yang berbasis di Chicago, Hope For The Day. Sekilas mengenai HFTD ialah sebuah organisasi yang dibentuk oleh Jonathan Boucher pada 2011, fokus utama mereka mengenai pencegahan bunuh diri dengan memberikan penyuluhan dan pendidikan kesehatan mental melalui medium musik dan seni.

“Lagu ini sangat dekat dan sayang untuk hatiku,” Jesse Leach (red: vokalis KSE) menjelaskan. “Saya ingin pendengar merasakan urgensi (red: pada lagunya), beratnya topik (red: yang dibicarakan) serta kemungkinan keter-hubungannya. Banyak orang menderita penyakit mental dalam satu atau lain bentuk. Tak ada yang lebih saya inginkan daripada menyuarakan bahwa mereka tidak sedang berjuang sendirian dalam hal ini. Akan selalu ada seseorang di luaran sana yang bersedia untuk membantu, mendengarkan, dan berada di samping-mu. Jangan kehilangan harapan dan jangan biarkan kehancuran-mu menghabisi-mu. Yang patah dapat diperbaiki, atau paling tidak, dirawat. Tak ada yang sendirian dalam pertarungan ini.”

Mengenai keputusan untuk bekerjasama dengan Hope For The Day, Leach mengatakan, “Saya secara pribadi memilih Hope For The Day untuk menjadi partner dengan kami untuk lagu ini. Saya mengagumi upaya tak kenal lelah mereka untuk menyebarkan kesadaran mental dan pencegahan bunuh diri. Ungkapan dan hashtag #ItsOkNotToBeOk adalah pernyataan sederhana namun kuat. Saya pikir itu bertepatan dengan #IamBrokenToo dengan sempurna! Johnny Boucher dan organisasi-nya menyebarkan pesan hubungan dan solidaritas yang kuat dalam perjuangan ini untuk memahami masalah kesehatan mental. Saya merasa terhormat memiliki mereka di tim kami untuk lagu ini dan gerakan ini untuk terus meningkatkan kesadaran dan membuat pembicaraan terus berlanjut untuk masalah kesehatan mental.”

“Lagu “I Am Broken Too” adalah lagu yang benar-benar mencakup apa yang perlu kita lakukan di masyarakat, membicarakan tentang apa yang telah kita lalui,” kata Boucher. “Kami tahu bahwa dengan berbicara tentang pengalaman kami, kami dapat berhubungan dan didorong untuk meminta bantuan. Hope For The Day telah bekerjasama memecah kesunyian kesehatan mental dengan KSE sejak 2014, dan tak ada yang membuat kami lebih bersemangat untuk terus bekerja dengan mereka dalam meningkatkan visi sumber daya di komunitas kami.”