Single Januari

Sumber foto: Disadur dari berbagai laman internet

Terhitung lebih dari 30 hari kita sudah melewati bulan Januari, apa saja yang sudah kalian lakukan di awal tahun babi ini? Bermalas-malasan bermain game? Sehingga lupa dengan pekerjaan sebenarnya. Atau menghabiskan ribuan jam dengan sibuk melakukan twit-war di kolom-kolom komentar sobat netizen lainnya. Atau … Apa?

Terlepas dari rutinitas kalian yang mungkin saja bergelut dengan kebosanan, perkenankan saya pilih-kan beberapa lagu yang lalu-lalang pada awal bulan. Dan, semoga saja berkenan.


Hivi! – Jatuh, Bangkit Kembali!

16 Januari | Hivi! Records

Satu dekade sudah grup musik pop asal Jakarta ini berdiri, meski 10 tahun bukanlah angka yang sedikit apabila berkaca dari usia sebuah band. Namun sampai berita ini ditulis, Hivi! masih menelurkan 2 album penuh sejak 2009 lalu.

Single “Jatuh, Bangkit Kembali!” ditulis oleh Febrian Nindyo Purbowiseso (vokal/gitar) dan Ilham Aditama (vokal), yang diharapkan mampu memberikan energi positif bagi siapapun yang mendengarkannya dan juga tetap menjaga bara semangat agar tetap menyala. Cukup jelas terekam dalam penggalan liriknya.

"Karena pelaut hebat tak pernah lahir di laut yang tenang
Hey kawan, mari teruslah kau berjuang"



Fresno – De Verdade (acústico)

25 Januari | Fresno

Unit rock asal Rio Grande do Sul ini sudah menelurkan sekitar 6 album penuh, beberapa EP dan juga album live. Fresno, sudah 20 tahun memeriahkan jagat musik di Brazil.

Jujur, tak begitu banyak saya mengetahui perkembangan budaya musik di Amerika Latin. Menemukan Fresno pun hanya gara-gara saya berlangganan salah satu layanan musik streaming, 2 tahun lalu.




Anne-Marie – Perfect To Me (Nicolas Haelg Remix)

25 Januari | Major Tom’s

Sebenarnya “Perfect To Me” merupakan salah satu dari daftar lagu pada album debut Anne-Marie “Speak Your Mind”, yang keluar pada bulan April tahun lalu. Dengan judul awal “Perfect”, yang kemudian diganti menjadi Perfect To Me.

Kita tahu setelah Clean Bandit mengajak-nya kolaborasi pada akhir 2016 dengan single Rockabye, penyanyi asal Inggris ini mendadak dikenal dunia melalui suaranya yang memang merdu.




Jess Glynne – Thursday (feat. H.E.R.)

25 Januari | Atlantic Records UK

Glynne merilis album “Always In Between” pada Oktober tahun lalu, yang notabene adalah album studio Glynne pertama dalam tiga tahun terakhir—sejak merilis proyek debut-nya pada 2015 “I Cry When I Laugh.”

Lagi-lagi single Thursday ini juga merupakan salah satu dalam daftar lagu di album keduanya tersebut, kali ini ia mengajak penyanyi muda asal California H.E.R. untuk kolaborasi—dengan perubahan lirik di beberapa verse-nya. Lagu ini untuk para kaum hawa yang selalu tidak nyaman, dengan tuntutan kesempurnaan di mata kaum Adam.

"And there are many things that I could change so slightly
But why would I succumb to something so unlike me?"



Gesaffelstein – Lost in the Fire (feat. The Weeknd)

11 Januari | Gesaffelstein

Ini merupakan single kedua DJ asal Perancis yang memiliki nama lengkap Mike Lévy, sebelumnya pada akhir November lalu do’i telah mengeluarkan single pertamanya “Reset” tanpa musisi tamu—yang konon lagu tersebut adalah bentuk kritiknya terhadap evolusi industri hip-hop hari ini.

Kali ini dirinya mengajak The Weeknd untuk me-representasi-kan relasi kuasa dari kaca mata Lost in the Fire, tentang ego laki-laki untuk memiliki ribuan perempuan meski si laki-laki sudah memiliki pasangan—yang konon perilaku seperti ini sudah ada sejak zaman nabi kalian diturunkan ke bumi.

"I'm tired of being home alone
Used to have a girl a day
But I want you to stay"



LSD – Genius (Lil Wayne Remix)

17 Januari | Columbia

Apabila kalian tidak tahu apa singkatan dari LSD, akan saya beri tahu. LSD merupakan super group yang terdiri dari tiga musisi; Labyrinth, Sia dan juga Diplo.

Single “Genius” muncul pertama kali pada awal Mei tahun lalu, kemudian LSD merencanakan album debut-nya akan keluar pada awal November. Namun, proyek super group ini tak kunjung selesai hingga sekarang. Tak usah baca liriknya, karena memang single ini tak se-genius dengan apa yang mereka bicarakan. Namun, siapa tahu karya seperti ini bisa melahirkan inspirasi bagi kalian.

"A ge-ge-ge-ge-ge-ge-genius
A-B-C-D-R-U-G-H-I-J-K-L-S-D, ha!"



FASSounds – Until the Stars Aligned

15 Januari | EDMRF.NET Records

Kalau kalian adalah seorang content-creator YouTube, pasti sudah tidak asing lagi dengan “FASSounds” atau yang bernama lengkap Fuad Assani. Seorang music-maker asal Indonesia dengan spesialis produk-produk komersial berbagai brand besar; seperti Huawei, LG, Sony, dan masih banyak lagi tentunya.

Dia juga kerap membantu para DJ dalam memproduksi musik, atau yang biasa kita kenal dengan istilah ghost-producer. Sebagai pendiri EDMRF.NET, dia memproduksi banyak musik yang bisa digunakan orang lain secara bebas alias gratis. Pada pertengahan Januari kemarin, dia mengajak vokalis “Halocene” Addie Nicole untuk membawakan Until the … dan hasilnya cukup mencengangkan.

"I will be standing here all through the night
Till the stars align"



Sam Smith – Dancing With A Stranger (with Normani)

11 Januari | Universal Music

Meski sudah 10 tahun lebih meniti karir di dunia musik, penyanyi asal London satu ini tak cukup produktif mengeluarkan album. Sejauh ini, do’i hanya mengeluarkan 2 album penuh dan 1 EP.

Di pertengahan Januari kemarin, do’i mengajak mantan personil Fifth Harmony “Normani” untuk menyanyikan Dancing … Dan tak usah berharap banyak, kalau single ini menjadi penanda bahwa album barunya akan segera keluar. Karena, Sam memang pemalas.




Dido – Give You Up

22 Januari | BMG

Berbicara mengenai penyanyi asal London yang satu ini, jadi teringat masa-masa remaja yang saya habiskan dengan mendengarkan album keduanya “Life for Rent”—dengan format VCD bajakan.

Mengingat dirinya aktif sejak tahun 1995, kita patut apresiasi tentang konsistensi-nya di dunia musik. Sejauh ini dirinya sudah mengeluarkan 4 album penuh, dan pertengahan Maret nanti album kelimanya akan dirilis BMG. Single “Give You Up”, merupakan penetrasi awal.




ONE OK ROCK – Wasted Nights

31 Januari | Fueled by Ramen LLC

Seperti yang kita ketahui bersama, setelah single “Heartache” berhasil hipnotis hampir separuh penduduk Amerika sekitar 2015 lalu. quartet rock asal Tokyo ini semakin mantap melebarkan sayapnya di negeri Paman Sam tersebut.

Wasted Nights merupakan single ketiga dari album penuh ke-9 mereka “Eye of the Storm”, yang notabene adalah album ketiga ONE OK ROCK di pasar Amerika yang akan dirilis pertengahan bulan ini. Berbicara mengenai liriknya, Wasted Nights merupakan lagu begadang—versi Bang Oma—dalam kearifan internasional.

"Keep doing what we want, we want, we want
No more wasted nights"


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.